JawaPos. com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan balik mengingatkan agar warganya senantiasa memakai masker saat beraktivitas di sungguh rumah. Sebab masker salah kepala hal kecil, namun cukup efektif menangkal Covid-19.

Anies mengatakan, warga yang tak sedia memakai masker saat beraktivitas pada luar rumah akan mudah tertular Covid-19. Ketika dia tertular, oleh karena itu berpotensi menularkan kembali ke karakter lain, terutama keluarganya sebagai orang terdekat. Potensi penularan akan semakin meningkat apabila memiliki penyakit buah.

“Kita harus sampaikan memang ini memakai masker tak nyaman, tapi juga perlu kita sampaikan jauh lebih tidak tenteram bila terkena Covid-19, ” prawacana Anies beberapa waktu lalu.

Dia menyampaikan, masker era ini sudah seperti gaya hidup. Karena dipakai terus menerus masa beraktivitas. Jika terus dibiasakan, oleh sebab itu tidak akan terasa beban menjalankan masker.

“Harus kita sampaikan kepada publik bahwa mematuhi masker itu tidak nyaman, kalau di ruangan ber-ac alhamdulillah pakai masker tidak terlalu membebani, tapi di tempat yang tidak ber-ac apalagi petugas-petugas kita dilapangan, memakai masker itu amat tidak enak, ” imbuhnya.

Anies menjelaskan, kedisiplinan masyarakat menggunakan kedok merupakan langkah paling efektif menekan penularan. Pasalnya sampai saat ini vaksin dan obat Covid-19 belum ditemukan.

“Di dalam kendaraan umum tidak saling ingat semuanya menggunakan masker dengan peraturan, tapi begitu sampai kantor maskernya dicopot, ngobrol sampai kafetaria, ngobrol dan terjadilah penularan, kedisiplinan untuk menggunakan masker terus menerus beta rasa bisa menjadi pesan masyarakat, ” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini: