JawaPos. com –Bakal Calon Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menjabarkan program-program inovasi untuk penciptaan lapangan kerja dan peningkatan layanan kesehatan tubuh jika terpilih memimpin Kabupaten Banyuwangi pada Pilkada  2020.

Seusai mendaftar sebagai peserta pilkada di KPU Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Minggu (6/9), Menyemaikan yang berpasangan dengan  Sugirah menyampaikan bahwa kondisi sosial ekonomi di masa pandemi Covid-19 telah berdampak pada kehidupan warga. Sehingga, pihaknya telah menyiapkan inovasi-inovasi yang memihak rakyat.

”Pendapatan klub yang menurun menjadi perhatian sari saya dan Pak Sugirah, telah disiapkan inovasi-inovasi penciptaan lapangan kegiatan, ” kata Ipuk seperti dilansir dari Antara .

Selain itu, introduksi istri Bupati Banyuwangi  Abdullah  Azwar  Anas  itu, pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pertanian, perikanan, dan pariwisata akan menjelma jangkar pembukaan lapangan kerja. ”Kami fokus menciptakan pertumbuhan inklusif, yang merata, yang membuka lapangan kerja, yang padat karya, yang memberi kesempatan berusaha seluas-luasnya untuk awak, ” ucap Ipuk.

Dia menambahkan, disiapkan pula bantuan permodalan untuk usaha berbasis dasawisma, sehingga ekonomi daerah benar-benar memiliki daya tahan karena semakin penuh warganya yang memiliki usaha ekonomi produktif. ”Perekonomian juga lebih merebak sehingga dari kampung-kampung bakal hadir kelompok usaha produktif yang menyejahterakan warga, ” tutur Ipuk.

Tak hanya itu, Menyemaikan bersama Sugirah juga mengusung kalender pemulihan dampak pandemi Covid-19, terpaut kesehatan, sosial, maupun ekonomi.

”Dari aspek kesehatan, saya tingkatkan akses ke layanan kesehatan, termasuk memperkuat program jemput bola rawat warga, juga ada penggandaan fasilitas kesehatan agar kualitas servis semakin merata, serta kesejahteraan pribadi kesehatan juga semakin baik, ” kata Ipuk.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Sugirah mengatakan sektor pertanian akan tetap dijaga dan ditingkatkan sebagai pilar ekonomi Jawa Timur. Banyuwangi sendiri dikenal sebagai salah satu kembung pangan di Jatim dan nasional.

”Saya petani tiba dari nol, kaki saya lecak, saya mengolah lahan dengan lengah dan kaki saya sendiri. Saya menggeluti pertanian dari A datang Z. Maka sektor pertanian saya integrasikan dengan pembangunan sektor yang lain, mewujudkan Banyuwangi yang terus maju, sejahtera dan berkah, ” logat Sugirah.

Calon bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan calon wakil bupati Sugirah resmi mendaftar ke KPU di Minggu (6/9). Pasangan calon Ipuk-Sugirah diusung PDIP, Nasdem, PPP, Gerindra, dan Hanura.

Selain pasangan Ipuk-Sugirah, Pilkada 2020 Banyuwangi juga diikuti pasangan bakal calon Yusuf Widyatmoko (kini wakil Bupati Banyuwangi) dan KH Muhammad Riza Aziziy (dari Ponpes Blokagung, Banyuwangi).

Saksikan gambar menarik berikut ini: