JawaPos. com – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah akan berfokus pada pengembangan industri kesehatan. Termasuk di dalamnya, ada rencana investasi dengan mendatangkan dokter asing.

Namun, dokter yang diizinkan praktik di negara adalah dokter super spesialis dengan Indonesia sendiri tidak ada. Situasi tersebut telah dia sampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Saya bilang ke Presiden kenapa nggak boleh, kalau yang super spesialis yang kita tidak punya? Ya biarin aja dia praktik, ” ujarnya mencuaikan video conference, Jumat (23/10).

Luhut menjelaskan, nantinya, dokter super spesialis dari luar negeri (LN) tersebut dapat mendidik dokter dalam Indonesia. Sehingga, dapat berujung dalam peningkatan industri kesehatan tanah cairan. Dengan begitu masyarakat tak menetapkan lagi berobat ke luar kampung.

“Kan sambil dia punya kewajiban mendidik dokter kita dan supaya mencegah orang Nusantara berobat keluar, ” ucapnya.

Luhut mengatakan, jumlah kekayaan yang dikeluarkan warga negara Indonesia di luar negeri yang dimanfaatkan untuk berobat cukup besar. “Kita ini USD 4-5 miliar setahun itu buat berobat keluar. Jika itu dibikin di dalam kampung akan membuat nilai tambah kita, ” ungkapnya.

Luhut menambahkan, tidak ada salahnya meluluskan rumah sakit internasional di Bali hingga Medan. Khusus di Zona, dia tidak ingin banyak karakter Indonesia berobat ke Penang, Malaysia.

“Tapi, kita harus engage rumah sakit yang berkualitas, ” tuturnya.