STATEMEN Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang Islam telah membakar amarah muslim dari berbagai arah dunia. Kondisi itu ternyata dimanfaatkan produsen hoax untuk menambah kegemparan. Mereka menyebar informasi bahwa pesepak bola Paul Pogba keluar dari tim nasional Prancis sebagai respons atas pernyataan kontroversial Macron.

”Bintang sepak bola Prancis Paul Pogba keluar dari timnas Prancis sebagai protes terhadap tinjauan anti-Islam Presiden Macron, ” bunyi tulisan yang diunggah akun Facebook Muslimah Bima Peduli pada 26 Oktober 2020 sembari mengunggah memotret Pogba sedang berdoa di pusat lapangan sepak bola (bit. do/KeluarDariTimnas).

Kabar tersebut memang bermunculan di media sosial setelah Macron membuat pernyataan yang bernuansa sentimen anti-Islam. Macron melontarkan pemberitahuan itu setelah salah seorang pengasuh sejarah di negara tersebut dipenggal kepalanya. Pelakunya marah lantaran sang guru sejarah menunjukkan kartun Rasul Muhammad kepada murid-muridnya dalam perbincangan kelas tentang kebebasan berbicara.

Tapi, apakah benar Paul Labilé Pogba memutuskan hengkang sebab tim nasional Prancis sebagai wujud protesnya? Saat ditelusuri, awalnya memang tidak sedikit media yang memberitakan kabar tersebut. Mayoritas informasi itu bersumber dari portal berita The Sun.

Namun, saat mengunjungi akun Instagram milik Paul Pogba, ternyata tidak ada statemen yang menyatakan dirinya hengkang dari timnas Prancis. Justru, pria kemunculan 1993 itu menyangkal pemberitaan daripada The Sun tentang dirinya dengan keluar dari timnas Prancis.

Dalam klarifikasi yang diunggah pada 26 Oktober 2020, Pogba menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah membuat pernyataan seperti itu.

”Sungguh 100 persen informasi yang tidak mendasar tentang saya. Statemen itu juga tidak pernah saya pikirkan sebelumnya. ” Sejenis penjelasan yang ditulis Pogba sambil mengunggah berita dari The Sun yang menyebut dirinya keluar sejak timnas Prancis. Bahkan, Pogba memberi cap berita itu dengan logo Fake News alias berita palsu.

Pogba juga mengaku bergelora, terkejut, dan frustrasi lantaran kira-kira media menggunakan dirinya sebagai benih berita utama yang tidak benar tentang kondisi terkini di Prancis. Apalagi dikaitkan dengan agama Pogba dan timnas sepak bola. Anda dapat membacanya di bit. do/FakeNewsPogba.

Portal The Sun dasar mengunggah kabar Pogba mundur daripada timnas Prancis pada 26 Oktober 2020. Namun, setelah muncul klarifikasi, portal tersebut menambahkan bantahan Pogba pada artikel yang sebelumnya mewartakan Pogba mundur dari tim nasional Prancis. ”Kami telah mengubah tulisan tersebut, ” bunyi keterangannya. Kamu dapat membacanya di bit. do/PogbaMembantah.


ILUSTRASI (WAHYU KOKKANG/JAWA POS)

FAKTA

Pesepak bola pokok Prancis Paul Pogba membantah kabar tentang dirinya yang keluar lantaran timnas Prancis sebagai bentuk protes terhadap statemen Presiden Emmanuel Macron.

Saksikan gambar menarik berikut ini: