JawaPos. com – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis meminta kelompok agar menjauhi kerumuman. Pasalnya, sampai saat ini pandemi Covid-19 sedang berlangsung. Menurut Idham, sampai 13 November 2020 di Indonesia total sudah 457. 735 orang dengan terinfeksi.

Polri mempunyai prinsip Salus Populi Suprema Lex Esto, artinya keselamatan rakyat ialah hukum tertinggi. Oleh karena tersebut, semenjak Indonesia dilanda pandemi Covid-19, Polri telah dua kali menggunakan maklumat.

Pertama dalam 19 Maret 2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam pengerjaan penyebaran Covid-19. Kedua, maklumat Kapolri pada 21 September 2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan di pelaksaanaan Pilkada serentak 2020.

“Karena itu saya mengimbau dalam suasan pandemi Covid-19 era ini agar semua pihak mengindahkan protokol kesehatan dengan senantiasa memasang masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun, dan hindari kerumunan pengikut, ” kata Idham.

Patuh dan menjalankan protokol kesehatan tubuh disebut Kapolri harus dilakukan bersama-sama oleh setiap komponen masyarakat minus terkecuali. Sebab, dengan menjalankan protokol kesehatan bisa mencegah penularan Covid-19.

“Hanya dengan displin dalam mematuhi protokol kesehatan oleh sebab itu kita akan terhindar dari pandemi Covid-19, ” jelas Idham.