Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

JawaPos. com – Nusantara kembali memimpin organisasi dunia World Zakat Forum (WZF). Dalam konferensi internasional WZF yang digelar 30 November sampai 1 Desember kemarin, Zainulbahar Noor terpilih menjadi Penulis Jenderal (Sekjen) WZF periode 2020-2023.

Terpilihnya Zainulbahar melanjutkan tradisi Indonesia memimpin organisasi negeri di bidang zakat tersebut. Sebelumnya Sekjen WZF dipegang oleh Pemimpin Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo. Setelah selesai bekerja sebagai Sekjen, kini Bambang Sudibyo menjadi Ketua Dewan Pertimbangan WZF.

Zainul yang selalu menjadi Wakil Ketua Baznas mengutarakan amanah sebagai Sekjen WZF merupakan sebuah kehormatan besar.

“Ini juga akan menjadi tantangan bagi saya, bagaimana untuk menyasarkan pengelolaan zakat ini berjalan di dalam tiga tahun ke depan, ” ujarnya Selasa (1/12) malam. Zainul berharap melalui WZF, peran derma global dapat mengatasi dampak dibanding pandemi Covid-19.

Pada gelaran konferensi internasional WZF 2020 itu juga dirumuskan delapan putusan. Diantaranya adalah menghimbau seluruh anggota WZF untuk memperkuat kerja sama dengan pemerintah dan pemangku perhatian strategis lainnya. Tujuannya untuk memitigasi dampak sosial ekonomi pandemi Covid-19 melalui optimalisasi instrumen zakat.

Resolusi berikutnya mengajak segenap anggota WZF untuk mengoptimalkan platform digital dan teknologi terkini. Meliputi kegiatan ajakan, penghitungan, penghimpunan, & penyaluran dana zakat di masing-masing negara anggota.

Berikutnya mendesak seluruh negara anggota untuk kembali memfokuskan program penyaluran derma guna memulihkan perekonomian masyarakat yang terkena pandemi Covid-19. Sekjen & Wasekjen WZF menyusun rencana laku penanganan dampak pandemi Covid-19 untuk mustahik global melalui distribusi dan pemberdayaan zakat yang tepat.

WZF dalam resolusinya selalu menyinggung soal vaksin. Mempertimbangkan perkembangan vaksin Covid-19 di seluruh negeri, semua negara anggota didorong untuk mendukung pemerintahnya masing-masing dalam melakukan program vaksin Covid-19 halal untuk memberantas pandemi Covid-19.

Saksikan video menarik dibawah ini:

[embedded content]