JawaPos. com – Langkah cepat diambil oleh Negeri Kota (Pemkot) Surabaya untuk mengabulkan tes swab kepada seluruh bagian Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ulangan dilakukan pada   Jumat (11/9), di Gelora Pancasila.

Menurut Wakil Koordinator Hubungan Asosiasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya M. Fikser, Pemkot sudah melakukan tes swab di setengah dari jumlah keseluruhan bagian KPU. ’’Jadi yang pertama buat komisioner, sudah melakukan swab dengan mandiri, sedangkan untuk seluruh aparat yang ada di sekretariat pada KPU sekitar 46 orang, ” ujar Fikser pada Jumat.

Fikser menambahkan bahwa ulangan akan dilakukan secara bertahap. “Dari 46 orang itu, separo telah dilakukan hari ini, besoknya selalu dilakukan separuhnya, jadi dilaksanakan pada Gelora Pancasila, ” ujarnya.

Selanjutnya, hasil swab test akan diterima anggota KPU di waktu tiga hari. Usai hasil diterima, mereka akan mendapatkan pengerjaan lanjutan. “Jadi kalau hasil itu rata-rata, ketahuan orang itu sekitar dua hingga tiga hari, tempat sudah tahu. Tapi data itu kan harus terkirim ke departemen, dari sana dikirim ke provinsi, dari provinsi lalu ke pemkot, ” lanjutnya.

Masa ditanya mengenai kelanjutan proses pemilihan wali kota (pilwali), Fikser belum dapat memastikan. Hal tersebut terpaut hasil tes swab seluruh bagian KPU Surabaya. “Kita belum sampi kesana, hingga saat ini tentunya akan ada diskusi dalam satuan satgas.   Jadi yang telah kita lakukan adalah melakukan swab kepada seluruh petugas yang ada di KPU Kota surabaya, ” tegasnya.

Namun, pihaknya sudah menyiapkan proses tracing bila ada anggota KPU yang dinyatakan positif. “Pastinya pemkot melakukan tracing, seperti yang dilakukan selama itu. untuk memutus rantai penyebaran Covid-19   itu, ” ujarnya.

Ketika dikonfirmasi, Ketua KPU Nur Syamsi mengatakan, bahwa dibanding 42 orang anggotanya, pada keadaan ini hanya ada dua aparat yang telah melakukan tes swab wajib tersebut. ”Total (anggota KPU Surabaya) kami ada 42 orang, dan yang ikut tes swab pada hari ini ada dua anggota. Saya nggak tahu perkembangannya, belum ada rekap, ” aku Nur.

Terkait peristiwa tersebut, Nur mengatakan bahwa tes swab akan dilakukan pada segenap petuagas. Ia juga mengungkapkan bahwa sebelumnya KPU telah melakukan pemeriksaan kesehatan berkala tiap bulan. “Swab akan dilakukan berkala. Ini tercatat program berkala, ” ungkap tempat. (*)