LUHUT   Binsar Pandjaitan menjadi salah satu menteri yang beberapa kali diserang kabar palsu. Hoax tentang dirinya hampir selalu bisa ditebak, yaitu tentang tentara dari Tiongkok. Semacam yang beberapa hari terakhir berputar, Menko kemaritiman dan investasi (marves) itu disebut berharap tentara Tiongkok masuk lagi ke Indonesia jika persebaran virus korona mereda.

”Corona mereda, Luhut mau Tentara Cina Segera Masuk lagi Ke Indonesia. ” Begitu informasi yang disebar dengan kemasan seolah-olah berasal dari portal berita CNN Headline News. Salah satu dengan mengunggah capture tersebut adalah akun Facebook Bilal Bin Robbah di 18 Oktober 2020 (bit. do/TentaraTiongkok).

Namun, kalau diperhatikan lebih detail, informasi yang dilengkapi foto tentara Tiongkok itu pula mencantumkan narasi yang menggelikan. Katanya, alasan Luhut mendatangkan tentara Tiongkok itu adalah agar mereka mampu mencari istri orang Indonesia.

Saat ditelusuri, CNN Headline News tidak pernah mengunggah informasi seperti itu, baik pada agenda yang tercantum, sebelum, ataupun sesudahnya. Dengan kata lain, capture kaca portal berita tersebut telah direkayasa.

Versi asli informasi itu ditulis portal berita tirto. id. Judul aslinya berbunyi, Corona Mereda, Luhut Mau TKA Cina Segera Masuk Lagi ke Indonesia. Ulasan yang terbit pada 21 Februari 2020 itu memaparkan pendirian Luhut soal TKA Tiongkok & Covid-19. Tidak ada redaksional tentang tentara Tiongkok.

Menurut Luhut, terhambatnya arus balik TKA Tiongkok di Indonesia yang kembali saat Imlek memberi dampak negatif ke perekonomian. Selain itu, selama TKA asal Tiongkok sudah mencuaikan masa karantina dua minggu, seharusnya mereka diperbolehkan kembali ke Indonesia.

”Karena itu sedang kita exercise sekarang ini, apakah nanti pegawai-pegawai Tiongkok yang tangga manajer yang bisa datang, sedang dibolehkan datang ke Indonesia setelah mereka dikarantina dua minggu dalam Tiongkok, ” jelasnya di Ritz-Carlton. Selengkapnya Anda dapat membacanya pada bit. do/RekayasaJudul.

Sementara itu, foto tentara Tiongkok pada unggahan tersebut juga tidak berkaitan dengan narasi yang beredar. Hasil penelusuran menggunakan situs padanan tulisan mengarahkan Jawa Pos pada situs penyedia foto gettyimages. com. menjepret tersebut diabadikan fotografer AFP Vyacheslav Oseledko/Stringer pada September 2016.

Keterangan foto itu bersangkutan dengan latihan militer gabungan Misi Perdamaian-2016 dari Organisasi Kerja Sepadan Shanghai (SCO). Latgab itu melibatkan 1. 100 tentara dari kira-kira negara di area pelatihan Edelweiss di Balykchy, sekitar 200 km dari Bishkek, ibu kota Kirgistan. Anda dapat melihatnya di bit. do/FotoLatgab2016.

—

FAKTA

Judul berita yang menyebut Luhut ingin tentara Tiongkok meresap ke Indonesia setelah Covid-19 tenteram itu adalah rekayasa. Versi aslinya membahas TKA asal Tiongkok.

Saksikan video memikat berikut ini: