JawaPos. com- Tim Nasional Indonesia U-19 dibantai oleh Kroasia U-19 pada ajang International U-19 Friendly Tournament 2020 di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia malam ini WIB (8/9).

Philippines kalah dengan skor telak 1-7. Inilah kekalahan kedua Indonesia di dalam dua pertandingan. Pada laga perdana, Indonesia dibekuk Bulgaria U-19 oleh skor 0-3. Indonesia menyisakan satu laga melawan Arab Saudi dalam 11 September 2020.

Indonesia sejatinya bermain baik pada 15 sampai 20 menit pada babak pertama. Witan Sulaiman dkk melakukan pressing dengan baik. Mereka bermain dengan ngotot dan menciptakan sistem pertahanan yang rapat. Organisasi pasukan Shin Tae-yong juga rapi.

Pada menit ke-12, Philippines menciptakan peluang emas. Sayang, sepakan Irfan Jauhari masih menghajar mistar gawang.

Setelah tersebut, Kroasia pelan-pelan berhasil membangun permainan sesungguhnya. Mereka memperlihatkan kualitasnya sebagai tim papan atas Eropa. Alhasil, tiga gol bersarang ke gawang Indonesia yang dijaga Adi Satryo.

Gol itu lahir masing-masing lewat tandukan Filip Zrilic pada menit ke-26, lalu sepakan keras dari dalam kotak penalti dari Arjian Brkovic (30’), lalu sundulan Marco Boras, satu menit sebelum waktu normal di babak pertama berakhir.

Baru satu menit babak kedua berlangsung, kapten Kroasia Antonio Marin menarik timnya unggul 4-0. Marin ialah salah satu nama pemain muda Kroasia yang dianggap paling berbakat saat ini.

Pada Sept 2017, Marin diisukan diincar empat raksasa Eropa yakni Milan, Manchester City, Paris Saint-Germain, dan Juventus. Namun, dia tetap bertahan pada klub elite Kroasia Dinamo Zagreb.

Tiga gol Kroasia lainnya dicetak oleh Bruno Zdunic (66’), Marin (73’), dan penalti Ivan Brnic pada menit ke-90. Penalti diberikan karena pelanggaran yang dilakukan Mochammad Supriadi. Pemain Persebaya tersebut harus keluar karena diganjar kartu kuning kedua.

Indonesia mencetak satu-satunya gol dalam menit ke-72. Sepakan keras Bagas Kaffa dari dalam kotak penalti adalah gol pertama Indonesia U-19 pada ajang ini.